BITCOIN - *JuaraInfo.com* Portal Informasi terbaru yang menyegarkan di Indonesia dan mancanegara.

BITCOIN


Belum tau bitcoin berikut ini akan kita ulas secara bersama :

Apa itu bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang dalam bentuk elektronik. Sehingga tidak ada bentuk fisiknya sama sekali. Tidak ada koin bitcoin seperti mata uang konvensional. Bitcoin, sama seperti mata uang digital lainnya, disimpan di internet.

Bitcoin tidak diregulasi sampai saat ini baik oleh pemerintah maupun pihak bank. Dan penggunanya bisa melakukan transaksi secara anonim.

Apakah bitcoin unik?

Bitcoin sebenarnya bukan sesuatu yang unik. Menurut data CoinMarketCap, ada sekitar 1.324 mata uang digital yang ada saat ini dengan total kapitalisasi pasar USD 341 miliar, hampir sama dengan nilai perusahaan Johnson & Johnson. Tapi memang bitcoin adalah mata uang digital pertama dan yang terbesar.

Bagaimana mendapatkan bitcoin?

Beberapa marketplace yang disebut sebagai bitcoin exchange memungkinkan orang membeli atau menjual bitcoin. Orang juga bisa mengirimkan bitcoin satu sama lain dengan aplikasi mobile ataupun melalui komputer. Kurang lebih sama dengan mengirim uang secara digital.

Atau bisa juga dengan menambang sendiri menggunakan komputer untuk memecahkan puzzle matematika kompleks. Jaringan bitcoin memberi imbalan bagi penambang dengan memberikan bitcoin bagi mereka yang berkontribusi memberi daya komputasi yang dibutuhkan. Maka, kian besar daya komputasi disumbangkan, semakin besar juga bagian imbalan diperoleh.

Di mana bitcoin disimpan?

Bitcoin dapat disimpan di semacam dompet digital yang eksis di cloud maupun komputer user. Dompet itu adalah semacam akun bank virtual yang memungkinkan user menerima atau mengirim bitcoin, membayar transaksi atau menabung bitcoin. User perlu berhati hati karena bitcoin di cloud terancam hacker dan di komputer bisa tak sengaja terhapus atau dirusak virus.

Seberapa tinggi nilainya?

Nilai bitcoin belakangan melambung dan sempat menembus USD 11 ribu. Jumlah itu merupakan peningkatan lebih dari 10 kali lipat dibandingkan nilainya di awal tahun ini yang hanya sekitar USD 1000. Tapi perlu dicatat kalau nilai bitcoin bisa naik turun secara signifikan.

Bitcoin memiliki nilai terutama karena komunitasnya yakin ia bernilai, seperti dikatakan Christian Catalini, akademisi MIT yang meneliti bitcoin. Nilainya semakin tinggi karena makin banyak orang membelinya dan diduga beberapa institusi besar mulai mempertimbangkan untuk menerimanya.

Bagaimana masa depan bitcoin?

Saat ini belum ada yang tahu persis bagaimana nasib bitcoin di masa depan. Bitcoin belum benar-benar ada regulasinya walaupun mungkin ada perubahan. Pemerintah di berbagai negara mulai memperhatiakannya terkait pajak dan kurangnya kontrol mereka atas bitcoin.

Siapa penciptanya?
Satoshi Nakamoto adalah nama pencipta bitcoin. Identitas aslinya sangat misterius sejak bitcoin pertama dirilis pada tahun 2009. Namun seiring dengan meningkatnya nilai mata uang bitcoin, keingintahuan banyak pihak mengenai identitas asli penciptanya pun terus meningkat. Walaupun sampai sekarang masih belum ditemukan.